CAS

Cara Menggunakan CC (Custom Content) di The Sims 4

By Milka Zinedine - 6/25/2017


Halo! Kalian tau game The Sims? The Sims adalah game simulasi yang dibuat oleh Electronic Arts. Di dalam game ini kita bisa membuat karakter diri kita atau yang disebut dengan ‘sims’. Sims bisa melakukan kegiatan seperti manusia, misalnya makan, tidur, dan bersosialisasi.
The Sims ini sebenarnya ga punya tujuan yang pasti sih, kita cuma disuruh untuk memenuhi kebutuhan ‘sims’ yang sudah kita buat di awal game. Meneruskan keturunan dan ya menjadi apa yang kita mau di game ini! 

Gue dari dulu  pingin banget main game ini dan baru terwujud tahun kemaren. Di ulang tahun gue yang ke-16 gue minta dibeliin game The Sims 4 dan akhirnya dibeliin sama mama gue. 

Untuk seseorang yang sudah cukup lama bermain sims pasti tau apa itu CC! Tanpa CC permainan The Sims ini rasanya kurang ‘greget’. Bagi kalian yang belum tau, CC itu singkatan dari ‘Custom Content’. Sesuai dengan namanya, custom content adalah objek yang dibuat sendiri oleh para pemain The Sims. Objek itu bisa gaya rambut, pakaian, furniture, sampai make up juga ada! Jadi bagi kalian yang merasa kurang pas dengan tampilan sims atau rumah kalian di game The Sims, kalian bisa memakai CC yang telah dibuat oleh players lainnya!

Gimana cara menggunakannya?

Nah, cara menggunakan CC ini gampang banget. Begini caranya :

1. Download CC yang kalian mau.
Kalian bisa download di website :

...dan masih banyak lagi!
2. Pindahkan CC yang sudah kalian download ke folder mod The Sims 4 (Documents > Electronic Arts > The Sims 4 > Mods)





 3. Buat folder baru agar lebih terorganisir. Kalian bisa menamai foldernya dengan ‘CC’, ‘Hair’, ‘Make up’, dsb. (Step ini optional. Boleh diikuti boleh juga tidak)


 4. Mainkan The Sims 4, klik tanda centang/ceklis.


 5. Voila! Sekarang kalian bisa ‘mendandani’ sims dan rumah kalian dengan sesuka hati.


Gue tambahin info lagi nih buat kalian. Jadi, kalau kita sudah selesai membuat household dengan menggunakan objek cc, household yang sudah kita buat terkadang tidak muncul di library kita. Begini cara menanganinya :


Sudah jelaskan bagaimana cara menggunakan CC di The Sims 4? Kalau begitu tunggu apa lagi, selamat bermain! 

  • Share:

You Might Also Like

27 comments

  1. Thanks yaaa.. mencerahkan. AKu mau coba dulu. Btw, aku bikin The Sims dibuat cerita di akun youtube ku. Mampir aja ke blogku vindyputri dot com (klik namaku ini). Nah, di sidebar kusematkan videonya. Semoga suka dan terhibur yaa... hihi... udah ada 3 karakter yang dibuat saat ini, Bang Jali, Mukidi dan Mimi Peri. Ada ide setelah ini karakter siapa lagi yang bisa dibuat cerita?

    Nah, aku mau manfatin mod. Supaya lebih bervariasi. Thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama... Videonya lucu dan menghibur~! Gimana kalau kamu bikin OC (original character) sendiri? btw makasih ya udah mampir ke blogku :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. CC Saya ga terdeter sama gamenya. Padahal langkah langkah nya sudah benar. Di options nya juga gaada mods yang aktif. Tolong di bantu dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. CC yang kamu download sudah sesuai dengan versi the sims kamu blm? Kamu bisa download sims 4 studio buat nge-cek dan mengorganisir cc yang kamu download. Semoga membantu ya

      Delete
    2. Cara download sims 4 studionya gimana?

      Delete
    3. http://sims4studio.com/board/31/downloading-sims-4-studio disitu

      Delete
  4. Kalo di the sims 4 yg basic bisa ga?

    ReplyDelete
  5. cara untuk memasukan mods yang furniture bagaimana ya? apakah masuknya tetap ke folder mods atau ke folder tray? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk cc furniture (meja/kursi/wallpaper/dsb) tetap masuk ke folder mods ya. Kalau folder tray itu khusus untuk bangunan (rumah/taman/dsb). Jenis filenya juga berbeda, kalau cc : .package sedangkan lot/bangunan : .bpi / .trayitem / .blueprint . CMIIW

      Delete
  6. Kalau bentuk file nya zip gimana? pas didownload knp bkn dlm bentuk package tp zip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung di website kamu download cc nya disuruh extract file zip-nya atau tidak. Tapi cara mudah mengetahuinya tinggal kamu lihat cc tsb muncul atau tidak jika masih dalam bentuk file zip. Kalau tidak muncul berarti harus di extract dulu, kemungkinan besar akan muncul file .package nya setelah diextract :)

      Delete
  7. sudah sampai step 4 tapi kenapa tidak ada tulisan2 nya di dalam kotak yg nantinya akan dicentqang itu? jawabb ya please:") makasihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah diaktifkan Enable Custom Content and Mods-nya? Cara mengaktifkannya : Tekan ESC > Options > Other. Setelah itu, pikih Enable Custom Content and Mods (dicentang). Semoga membantu ya :)

      Delete
  8. udah diaktifin Enable Custom Content, tapi kok belum terdeteksi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah lokasi CC-nya sudah benar? Coba dicek kembali langkah-langkahnya, mungkin ada yang terlewat :) Kalau sudah benar semua namun masih tidak terdeteksi, mungkin CC yang kamu download ga compatible dengan versi The Sims 4 kamu

      Delete
  9. Kalau sudah ikuti langkah-langkah tersebut tapi the simsnya jadi tidak bisa dibuka kenapa ya?

    ReplyDelete
  10. Kak kan aku download cc sims trs biar bisa dipakainya dimananya, aku nyari nyari sampe galery dan create body sims nggak nemu:((

    ReplyDelete
  11. mau tanya kenapa CC yang udah kita donlot pas main kok beda ya jadinya, itu sering kejadian kalo kita donlot CC buat household (sims) nya.. itu kenapa ya??

    ReplyDelete
  12. Halo kak, yg make the sims 4 bajakan bisa pasang CC ga ? Aowkwkwkwk
    Tolong dibalas ya ci maaciww

    ReplyDelete
  13. Kak nanya nih. Aku coba download cc rumah/lot. Trs aku taruh difolder modnya dan bikin folder lagi biar terorganisir tp kenapa nggak muncul ya kak di my library? Udah aku checklist juga "include custom content" tp tetep ga muncul

    ReplyDelete
  14. ka.. kalau saya letak tuh modsnya pas mau play jadi error appnya dan kluar sendiri dr game ke desktop

    ReplyDelete
  15. Kalau sudah ikutin semua caranya, tapi gamenya malah ga bisa dibuka karna ada file ccnya di folder mods, itug ya?

    ReplyDelete
  16. kak mau tanya dong, aku udah bisa sih download cc dan bisa dipake, tapi pas ke gameplay ko grafiknya jadi kek pecah gitu yaa, teksturnya jadi kaku gitu. itu kenapa ya? memang wajar kah atau memang ada cara lain buat memperhalus teksturnya? soalnya pas aku modify cas mah grafiknya masih halus tapi pad di gameplay nya beda

    ReplyDelete
  17. akhirnya ada juga yang ngejelasin cara pakai cc, makasih banyak kak ilmunya bermanfaat sekali bagi saya yang pemula ;)

    ReplyDelete