SAMAN!

By Milka Zinedine - 4/01/2017

Halo! Jadi gue mau cerita tentang lomba saman yang pernah gua ikutin waktu SMP dulu. Iya, gue pernah ikut saman padahal gue non Islam. Walaupun gua cuma ikut lomba saman satu kali, ekskul saman (Mantiqy) udah kayak keluarga buat gue. Suka duka dilalui bareng-bareng untuk mencapai sebuah keberhasilan :)

Awalnya gue ikut ekskul saman itu cuma ikut-ikutan temen doang. Gue pikir saman itu gampang,
ternyata saman itu susah banget bagi kalian yang belum pernah sama sekali belajar tari saman. Waktu pertama kali latihan, gue udah hampir nyerah! tapi gue coba terus sampe gue bisa dan akhirnya setelah beberapa kali latihan gue bisa dikit doang padahal temen-temen gue udah pada jago semua.

Pada suatu hari, kak dwi (pelatih saman) bilang kalo ada lomba di Triguna tapi buat yang mau ikut harus diseleksi dulu. Gue udah pesimis aja soalnya kan gua masih belum mahir banget. Dalam otak gue mikir : 'walaupun ikut seleksi pastinya gue gak kepilih!' jadi gue gak mau ikut seleksi.
Beberapa hari kemudian, kak dwi bilang semuanya harus ikut lomba karena satu sekolah boleh ngirim 2 team. Akhirnya gue bisa ikut lomba!

Pertama-tama kita dibagi jadi 2 team. Satu team terdiri dari 18 orang, gabungan dari anak kelas 7 dan 8. Gua masuk ke team B, ketua teamnya itu kak maria. Setelah itu kak dwi ngasih daftar gerakan untuk setiap team. Setiap hari jumat pulang sekolah dan hari sabtu kita latihan. Ada satu gerakan yang gue ga bisa (lupa nama gerakannya apa), gue udah coba latihan gerakan itu sampe bosen tapi ga bisa-bisa juga. Gua nangis (iya tau gua cengeng), rasanya sedih aja gitu disaat yang lain udah bisa gerakan itu tapi cuma gue doang yang gabisa sampe akhirnya kelas 9 turun tangan buat ngajarin gue gerakan itu. Temen satu team gua juga nge-support gue, menghibur gue waktu gua nangis (malu deh). Akhirnya gua bisa juga gerakan itu!

Minggu-minggu menjelang lomba, waktu selesai latihan dan udah siap-siap untuk pulang, tiba-tiba aja semuanya (sebagian besar sih) pada muntah-muntah dan lemes. Untung waktu itu gua ga kayak gitu. Mungkin akibat kelelahan karena sebentar lagi mau lomba makanya latihannya lebih intensif.

Akhirnya tanggal 24 November 2012 datang juga. Hari itu gue dan teman-teman gue mewakili sekolah kita untuk lomba saman (Ratoeh Jaroe) di Triguna. Hari itu gue deg-degan banget. Pas udah nyampe disana gua sama temen-temen latihan dulu sebentar. Setelah itu ganti baju dan pakai make up. Tibalah saat kita udah mau tampil. Kita berdoa bareng-bareng supaya nanti lancar dan dapat juara. Ga lupa juga yel-yel (bukan yel-yel sih kayak tos bareng-bareng gitu) khas mantiqy. Pas tampil gua cuma ngelakuin gerakan seperti waktu latihan. Gua ga mau mikir apa-apa lagi, cuma melakukan yang terbaik supaya menang.

Setelah tampil, gue pulang duluan karena mama gue udah jemput. Waktu udah sampe rumah gua dikasih kabar kalo ternyata kita menang! Team A juara 3 dan team B juara 1. Gue seneng banget, usaha kita semua ga sia-sia.




  • Share:

You Might Also Like

0 comments